Beranda Banten Peringati HUT Ke-79 RI, Pemkab Tangerang Gelar Tasyakuran dan Berbagai Kegiatan

Peringati HUT Ke-79 RI, Pemkab Tangerang Gelar Tasyakuran dan Berbagai Kegiatan

358
0
BERBAGI

Kabupaten Tangerang, Wartareformasi.com – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke -79 Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang telah melaksanakan serangkaian kegiatan dimulai dari tasyakuran bersama masyarakat hingga Upacara Penurunan Sang Merah Putih (Gelar Senja).

“Acara HUT Ke-79 RI di Kabupaten Tangerang terdiri dari 4 rangkaian kegiatan. Mulai dari tasyakuran yang berlangsung pada pukul 20.00 WIB hingga penurunan bendera pukul 17.00 WIB.

Sebagai bagian dari ungkapan rasa syukur dan penghormatan atas perjuangan para pahlawan kemerdekaan, Pemerintah Kabupaten Tangerang menggelar tasyakuran bersama masyarakat yang berlangsung di Masjid Agung Al-Amjad, Jumat (16/8/2024) malam.

Kegiatan ini dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Quran, sebagai bentuk doa dan harapan agar Kabupaten Tangerang senantiasa diberkahi dan mendapatkan rahmat dari Allah SWT.

“Tasyakuran tersebut dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Tangerang, Andi Ony.

Pada kesempatan itu, Penjabat (Pj) Bupati Tangerang, Andi Ony mengatakan, bahwa acara tasyakuran ini digelar khusus sebagai wujud penghormatan atas perjuangan pahlawan merebut kemerdekaan RI.

Tak hanya itu, acara ini juga menjadi ajang silaturahmi antar elemen masyarakat, termasuk jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan berbagai pejabat vertikal, dan ketua organisasi keagamaan dan sosial.

“Ini wujud syukur sekaligus silaturahmi, sehingga ke depan kita semakin harmonis dalam membangun serta memperbaiki Kabupaten Tangerang ini dan mengisinya dengan nilai-nilai positif,” ujarnya.

Dilanjutkan dengan upacara renungan suci yang digelar tepat pukul 00.00 WIB, 17 Agustus 2024. Acara ini berlangsung khidmat dengan menggunakan pencahayaan dari nyala api obor di Taman Makam Pahlawan (TMP) Raden Arya Wangsakara, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang.

Pada upacara renungan suci tersebut, Pj Bupati Tangerang, Andi Ony bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dengan Komandan upacara Renungan Suci, Danramil Cisoka, Kapten CAJ Jitu Sinaga.

Saat membacakan naskah upacara renungan suci, Andi Ony mengatakan, perjuangan para pahlawan tidak akan pernah terlupakan. Mereka akan selalu dikenang oleh bangsa dan selalu diberikan penghormatan.

“Kami yang hadir pada upacara renungan suci untuk mengenang arwah dan jasa-jasa pahlawan Nusa dan Bangsa yang telah bersemayam ditaman Makam Pahlawan Arya Wangsakara tercatat sebanyak 17 pahlawan terdiri dari 4 pahlawan angkatan bersenjata dan 13 pahlawan badan perjuangan,” ungkapnya.

Usai pembacaan naskah tersebut, dilakukan prosesi mengheningkan cipta dilanjutkan menabur bunga ke makam-makam para pahlawan dan pembacaan doa oleh Ketua MUI Kecamatan Pagedangan serta dilakukan penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan yang dipimpin komandan upacara.

Selanjutnya, Upacara pengibaran bendera merah putih pada Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia di Lapangan Upacara Raden Aria Yudhanegara, Sabtu (17/8/2024) pagi, berlangsung khidmat.

Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia tersebut ditandai dengan sirine dan tembakan kehormatan sebanyak 17 kali. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan naskah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Pj Bupati Tangerang Andi Ony bertindak sebagai inspektur upacara pengibaran Bendera Merah Putih dengan Komandan Upacara, Ajun Komisaris Polisi Wisnu Bramantyo dan Perwira Upacara, Komisaris Polisi Kosasih.

Sejumlah penampilan hiburan turut mewarnai Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih pada HUT ke-79 RI di Kabupaten Tangerang. Mulai dari paduan suara Gita Swara Tangerang Gemilang dan juga Penyanyi Solo Gisela Valerie Quinn.

Upacara penurunan bendera digelar sebagai penutupan rangkaian acara peringatan HUT ke-79 RI di Kabupaten Tangerang. Upacara ini dilakukan pada hari yang sama 17 Agustus 2024 dengan penaikan bendera Merah Putih. Bertindak sebagai inspektur upacara, Kapolresta Tangerang, Kombespol Baktiar Joko Mujiono.

Sebelum upacara penurunan bendera, ada berbagai penampilan kesenian daerah dan pagelaran lainnya, mulai dari penampilan pencak silat IPSI sampai Ibu-ibu PKK Kabupaten Tangerang yang menampikan senam Tangerang Gemilang yang dimeriahkan oleh perwakilan 29 kecamatan.**@Romi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here