Beranda Mau Tau Peringati HUT Ke-79 RI, Pemdes Bersama Ribuan Masyarakat Tempirai Ikuti Prosesi Upacara...

Peringati HUT Ke-79 RI, Pemdes Bersama Ribuan Masyarakat Tempirai Ikuti Prosesi Upacara Bendera

576
0
BERBAGI

Kabupaten PALI, Wartareformasi.com – Dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah Desa (Pemdes) bersama masyarakat Tempirai mengikuti prosesi upacara bendera yang berlangsung di lapangan Puskesmas Tempirai Selatan Kecamatan Penukal Utara Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Provinsi Sumatera Selatan, Sabtu (17/8/2024).

Nampak ribuan masyarakat Desa Tempirai Raya turut berpartisipasi mengikuti upacara bendera termasuk para pelajar dari tingkat TK Sampai Tingkat SMA dengan penuh semangat mengikuti gelaran upacara bendera peringatan hari kemerdekaan Republik peringatan tahun 2024.

Upacara tersebut dipimpin oleh Kepala Desa Tempirai Selatan, Sapikal Usaman sebagai inspektur upacara, didampingi oleh Kepala Desa Tempirai Muhamad Jonot, Kepala Desa Tempirai Timur M. Teguh Jaya, dan Kepala Desa Tempirai Utara Hermanto Saiman.

Keheningan mengiringi jalannya upacara, bendera merah putih berkibar gagah, diangkat oleh pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) yang terdiri dari pelajar SMA Negeri 1 Penukal Utara.

Usai prosesi upacara, Kepala Desa Tempirai Selatan, Sapikal Usman menjelaskan bahwa upacara bendera HUT Ke-79 RI di Desa Tempirai Raya merupakan warisan tradisi yang dijalankan dari generasi ke generasi.

“Kita mengapresiasi semangat masyarakat untuk turut andil mengambil bagian pada moment bersejarah ini,” jelasnya.

Lebih lanjut, Sapikal Usaman juga menyampaikan, Setiap tahun Desa Tempirai Raya melaksanakan tradisi adat istiadat dengan melangsungkan upacara bendera sebagai bentuk penghormatan jasa para pejuang dalam merebut Kemerdekaan Republik Indonesia dari tangan penjajah.

“Semangat masyarakat yang begitu tinggi menunjukkan penghargaan terhadap perjuangan pahlawan yang telah berkorban. Peringatan ini adalah cara kami untuk mengenang dan memberikan apresiasi kepada pahlawan yang gugur dalam perjuangan kemerdekaan,” jelasnya.

Ia menambahkan, bahwa dalam peringatan HUT Ke-79 RI berbagai kegiatan dilaksanakan secara bersama-sama.

“Disamping itu, berbagai perlombaan juga diadakan oleh masing-masing desa, ia mengimbau masyarakat Tempirai Raya untuk senantiasa mempertahankan semangat perjuangan dalam memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tempirai Timur, M Teguh Anuar berpesan moment memperingati HUT Ke -79 RI ini, ”Dengan semangat perjuangan para pahlawan yang telah gugur berjuang merebut kemerdekaan dari tangan penjajah patut kita hargai.

“Marilah kita junjung tinggi nilai-nilai warisan perjuangan para pendahulu negeri ini mengisi kemerdekaan ini dengan membangun daerah khususnya Desa Tempirai Timur dan Tempirai Raya, Kita tingkatkan kesadaran untuk memajukan Desa terus menjaga kearifan lokal dan meningkatkan sumber daya manusia,” paparnya.

Dilokasi yang sama, Hermanto Saiman selaku Kepala Desa Tempirai Utara juga berpesan kepada masyarakat, mari kita isi kemerdekaan ini dengan kreativitas inovasi-inovasi yang dapat memajukan Desa Tempirai Utara.
“Ayo kita bersama-sama bahu membahu mendukung program pemerintah demi kemajuan desa dan kemakmuran masyarakat,” harapnya.

Senada juga yang disampaikan, Kepala Desa Tempirai, Muhamad Jonot moment memperingati HUT Ke-79 RI ini, “Marilah kita isi buah kemerdekaan ini dengan menanamkan rasa kecintaan terhadap bangsa yang kita cintai ini, khususnya Desa Tempirai,” ajaknya.**@Yupantri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here