Beranda Mau Tau Pemdes Sidomakmur Gelar Pertemuan Susun RKPDes 2023, Pihak Kecamatan Kikim Barat Tidak...

Pemdes Sidomakmur Gelar Pertemuan Susun RKPDes 2023, Pihak Kecamatan Kikim Barat Tidak Hadir

226
0
BERBAGI

Kabupaten Lahat, Wartareformasi.com – Pemerintah Desa Sidomakmur bersama masyarakat menggelar pertemuan menyusun Rencana Kerja Penggunaan Desa (RKPDes) tahun anggaran 2023.

“Sangat disyangkan tidak dihadiri pihak Pemerintah Kecamatan Kikim Barat, membuat Pemdes dan warga Sidomakmur sedikit kecewa,” ungkap Kades, Jumat (20/1/2023).

Tampak hadir dalam pertemuan di Balai Desa Sidomakmur Kecamatan Kikim Barat Kabupaten Lahat, Kepala Desa bersama perangkat Desa, Ketua BPD bersama Anggota, Kapolsek Kikim Barat yang diwakili Babinkamtimas, Danramil Kikim Area yang diwakili Babinsa, Pol-PP Desa beserta seluruh Kader Posyandu, Guru Paud, guru ngaji, LInmas, LPM, Toga, Toma, Kartar, dan perwakilan masyarakat.

Dalam Arahan, Kepala Desa Sidomakmur, Ahmadi menuturkan, Tujuan pertemuan ini, untuk menyampaikan Rencana Penggunaan Desa tahun 2023 salah satu bentuk transfaransi kepada masyarakat dengan besaran Dana Desa tahun 2023 ini Rp.898.079.000.,” ungkap Kades.

Dipaparkannya, Perioritas penggunaan DD sudah diatur, diantaranya : Penanggulangan Miskin Extrim Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), Minimal- 10 persen dan max 25 persen, kemudiaan Ketahanan pangan 20 persen dan bidang pemberdayaan, kesehatan, pendidikan.

“Selain itu untuk kegiatan yang telah di sepakati pada saat Musrenbangdes tahun 2022 yang lalu, seperti lampu penerangan jalan, ditambah ada juga operasional pemerintah desa max 3 persen dari pagu angaran,” urai Kades.

Lanjutnya, pertemuan ini sangat diharapkan sumbang sarannya masyarakat yang hadir pada sebagai perwakilan dari warga yang lain, jangan takut untuk selalu memberikan kritik dan saran kepada Pemdes.

“Demi untuk kemajuan desa, karena saya hanya manusia biasa yang tidak luput dari salah dan khilaf,” kata Ahmadi.

Usai Salat Jumat, Saat dikonfirmasi Kepala Desa Sidomakmur, Ahmadi mengucapkan, Syukur Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar hingga selesai.

“Tetapi, Sangat disayangkan rapat penyusunan RKPDes tidak dihadiri pihak Kecamatan, Pemdes dan masyarakat sangat mengharapkan adanya arahan serta petunjuk dari pihak Pemerintah Kecamatan dalam penggunaan Dana Desa ini,” tutup Kades.

Hingga berita ini ditayangkan, Camat Kikim Barat belum memberikan alasan, pihaknya tidak bisa hadir pada rapat penyusunan RKPDES Sidomakmur.

Pewarta  : Herlan

Editor      : Herman Hamka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here